Pernah file dan/atau folder-folder kamu hilang karena komputer terserang virus? Tenang…! Tidak perlu panik dulu. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tutorial bagaimana mengembalikan file dan folder yang “hilang” (sebenarnya hanya ter-hidden alias disembunyikan) oleh virus. Meski kasus seperti ini sudah lama muncul, virus-virus baru masih saja hobi mengulangi kasus meng-hidden file seperti ini. Perlu ditekankan bahwa file dan folder yang bisa dikembalikan menjadi normal adalah file atau folder yang “hanya” disembunyikan oleh virus. File dan folder yang benar-benar hilang atau terhapus tidak bisa dikembalikan lagi, kecuali menggunakan sistem restore. Akhir-akhir ini sering kali baik flashdisk, ataupun memori handphone anda yang pokoknya kalo sudah dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain sudah pasti kena virus.. entah itu virus trojan, worm, parity, folder.htt, autorun, dll. Kadang-kadang setelah virus dibersihkan belum tentu file atau folder yang ada didalamnya bisa muncul alias tetap disembunyikan (hidden). Yang hebatnya lagi bukan sekedar hidden saja, karena tidak bisa langsung dimunculkan dengan click kanan pilih properties gitu soalnya sudah di disable. Sebenarnya file tersebut selain di hidden juga diberi attribut system jadi tidak bisa sembarang ganti dari windows langsung. Ini ada trik supaya bisa memunculkan kembali file yang sudah dihidden, cukup dengan membuka Command Prompt dari Start – All Program – Accessories – Command Prompt atau dari Start – Run, ketikkan ‘cmd’ lalu Enter. Setelah masuk ke command prompt pindah ke drive dimana flashdisk atau memori card anda berada dengan cara mengetikkan : (nama drive disertai tanda titik dua, misal seperti pada contoh gambar berikut nama drive ada di J jadi ketikkan ‘J:’).

Setelah itu baru ketikkan perintah berikut : attrib -s -h *.* /s /d (lalu enter). Nunggu sebentar sampai muncul kembali ke tanda prompt drive Anda. Selesai sudah … file anda akan kembali seperti semula. Satu lagi yang perlu diperhatikan.. jika pada bagian root drive ada file seperti autorun.inf, folder.htt atau thumb.db harap dihapus saja… Karena file tersebut kemungkinan adalah file virus juga. Untuk mempermudah pengetikan proses ini dapat dibuat sebuah batch file dengan cara mengetikkan : H:\copy con restore.bat attrib -s -h *.* /s /d Lalu tekan Ctrl-Z atau [F6]. Kemudian untuk menjalankannya cukup ketikkan: Restore [enter]. Jika cara diatas belum berhasil anda bsa melakukan dengan cara dibawah ini :
1. Klik start ► run ► regedit
2. Masuk ke HKEY_CURRENT_USER Software ► Microsoft ► Windows ► CurrentVersion ► Explorer ► Advanced
3. Pada bagian windows sebelah kanan klik kanan ► New DWORD Value beri nama “ShowSuperHidden” (tanpa tanda petik. Bila “ShowSuperHidden” sudah tersedia anda cukup menggubahnya value nya menjadi 1

( Semoga Berhasil )