SIAPA bilang membuat website harus mahal? Sekarang cukup dengan seratus ribuan saja pertahun kita dapat memiliki website pribadi, atau bahkan jika menghendaki dapat memperolehnya secara gratis. Yang dibutuhkan hanya trik ringan saja.

Perlu diketahui bahwa seseorang yang hendak membuat website harus memiliki domain dan hosting. Domain secara mudah didefinisikan sebagai nama dari satu alamat website. Misalnya: http://www.masdede.com, http://www.kr.co.id, atau http://www.pathoknegoro.com. Sedangkan hosting dapat diartikan sebagai hardisk online. Fungsi hosting menyimpan file berupa teks, gambar, video, script dan berbagai jenis file lainnya yang dapat ditampilkan dalam website. Kesemuanya itu disimpan secara online dengan cara diupload atau pun didownload. Kemudian dalam perkembangannya domain dan hosting ini terbagi lagi menjadi dua, premium (berbayar) dan gratis. Domain gratis mempunyai ciri diakhiri dengan akhiran penyedia layanan tersebut. Sedangkan premium, dapat memilih bebas nama domain yang diinginkan.

Jika dulu seseorang yang ingin membuat website harus mengeluarkan uang jutaan, hal ini dapat dikatakan wajar karena mereka harus membeli hosting, domain dan membayar web design demi website perusahaan yang professional. Apalagi jika pengelolaan web diserahkan sepenuhnya secara khusus keperorangan sebagai administrator web. Berbeda dengan sekarang, seseorang dapat membuat domain dengan akhiran domain .com.net.info.us.biz.org dan nama domain lainnya. Administrator web pun dapat dilakukan secara personal karena kemudahannya.

Triknya, jika ingin menghemat secara ekonomis, sebeleum membuat web baiknya memilih jasa penjualan web hosting dan domain dalam negeri. Selain memudahkan dalam berkomunikasi jika terjadi troble dalam konfigurasi web, juga mudah komplain jika terjadi kekeliruan. Berbeda jika menggunakan jasa web hosting luar negeri. Selain harganya mahal, juga terkendala bahasa asing dalam berkomunikasi. Umumnya jasa web hosting dan domain menawarkan paketan dalam penjualannya, misalnya: Space Hosting, Unlimited (sub domain), Web Mail, Database My SQL, SSH & FTP Access, Detailed Web Statistic Report, dan Crontrab Access. Untuk itu order baiknya cukup domainnya saja. Sedangkan hosting tetap menggunakan layanan gratis seperti: http://www.blogger.com, http://www.multiply.com atau pun http://www.wordpress.com.

Sedangkan design-nya dapat memanfaatkan template design gratis yang tersebar di internet. Sehingga dimudahkan tanpa harus sulit memulai dari awal. Beberapa penyedia template web design gratis antara lain: http://www.finalsense.com maupun http://www.btemplates.com. Dan masih banyak lagi penyedia lainnya, Cukup searching menggunakan mesin pencari Google.

Ada juga penyedia domain yang benar-benar gratis dan dapat digunakan. Sebut saja beberapa diantaranya adalah: http://www.co.cc, http://www.dot.tk, http://www.co.nr, http://www.uni.cc dan masih banyak lagi penyedia domain gratis lainnya. Sayangnya, ada beberapa penyedia domain tersebut mempunyai kebijakan perjanjian tersendiri. Misalnya hanya aktif selama satu tahun saja. Ada juga yang menggunakan sistem reseller.

Meskipun hanya order domain baik premium atau gratis, jangan khawatir kehilangan pengunjung blog karena kustomisasi domain hanya di-direct (diarahkan), sehingga jika pun pengunjung membuka ke alamat domain lama, secara otomatis akan diarahkan ke domain baru. Sebagai contoh, penulils awalnya mempunyai domain blog dengan alamat http://blogmasdede.blogspot.com kemudian order domain menjadi http://www.masdede.com maka ketika pengunjung blog membuka alamat http://blogmasdede.blogspot.com akan otomatis addres bar berubah dan diarahkan menjadi http://www.masdede.com.

Sekarang website bukan sesuatu yang sulilt lagi. Dan bagi usaha menengah ke bawah dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin, sehingga diharapkan dapat mendompleng harga jual. Selain itu bagi bagi perseorangan memiliki situs pribadi mampu membangun citra diri/ image/ kredibilitas yang mampu membentuk profesionalisme diri seseorang dengan disertakan pada kartu nama.

Sumber www.masdede.com